Latest News

3 Buah Yang Harus Di Hindari Penderita Diabetes



Dunia Unik -  Yang kita ketahui konsumsi buah-buahan itu memang sehat dan bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh, terdapat kandungan serat, vitamin, dan mineral di dalam buah-buahan, karena itu kita sebisa mungkin mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya.

Akan tetapi lain certia jika anda seorang pengidap diabetes, ada beberapa buah-buahan yang tidak boleh kalian konsumsi.

Dr.Grace Judio Kahl, Msc. seorang pakar gizi menyatakan diabetesi, sebutan sebagai penderita diabetes, harus menghindari buah-buahan yang tinggi akan indeks glikemiknya seperti Nanas, Melon dan Semangka.

"Ketiga buah itu pantang dikonsumsi penderita diabetes karena indeks glikemik (GI) tinggi. Kalau mengonsumsi buah yang GI-nya tinggi, maka kadar gula darah akan cepat meningkat sehingga berbahaya bagi penderita diabetes," ujarnya pada temu media 'Jakarta Food Editor's Club' di Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Makanan, lanjut Grace, tergolong memiliki kadar GI tinggi jika diatas angka 70 seperti nanas, semangka, melon, roti, nasi, corn flakes, makaroni keju, dan kue beras.

"Nasi merah kenapa glikemik rendah, karena masih ada kulit ari sehingga ngunyahnya lama. Usus juga motongnya lebih lama, sehingga ketika masuk ke darah nggak langsung menaikkan kadar gula secara cepat," tambah dia.

Sedangkan pada makanan yang mengandung berglikemik tinggi, umumnya lebih gampang di cerna sehinga tidak memerlukan waktu yang banyak dalam proses penyerapan masuk ke dalam darah, akibatnya kadar glukosa pun naik drastis.

Sementara itu, Kepala Subdit Pengendalian Diabetes Melitus dan Penyakit Metabolik Kementerian Kesehatan Dyah E Mustikawati, MPH mengatakan bahwa saat ini terjadi transisi epidemi terhadap penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia.

"Jika dulu penyakit menular menempati urutan teratas penyebab kematian, sekarang beralih ke penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, diabetes melitus, dan hipertensi," tambah dia.

Semoga artikel tentang Dunia Kesehatan ini bermanfaat bagi kita semua, dan alangkah baiknya jika kalian membagikan artikel ini untuk membantu sesama saudara atau teman agar mengetahui 3 Buah Yang Harus Di Hindari Penderita Diabetes, melalui facebook atau sosial media lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dunia Unik dan Aneh Designed by dunia-unik.net Copyright © 2016

Diberdayakan oleh Blogger.